Apa itu Fintek

Apa itu Fintek?

Fintek atau Finansial Teknologi adalah inovasi di bidang jasa keuangan yang sedang marak di Indonesia. Fintek sangat memberikan pengaruh kepada masyarakat secara luas dengan memberikan akses terhadap produk keuangan sehingga transaksi menjadi lebih mudah dan efektif.

Di era sekarang ini banyak berkembangnya perusahaan fintek yang memudahkan para pengguna dalam bertransaksi. Inovasi ini bisa juga disebut dengan inovasi finansial yang diberi sentuhan teknologi modern. Tapi, bisa juga dengan arti segmen di dunia start up yang membantu untuk memaksimalkan dalam penggunaan teknologi untuk mengubah, mempertajam atau mempercepat berbagai aspek pelayanan keuangan.

Jadi, dari mulai metode pembayaran hingga transfer dana, pengumpulan dana, pinjaman bahkan sampai pada pengelolaan aset bisa kemudian dipercepat dan dipersingkat dengan menggunakan teknologi. Maka wajar jika fintech kemudian secara cepat menjadi kebutuhan yang akhirnya mengubah gaya hidup orang banyak khususnya mereka yang bergelut di bidang teknologi dan keuangan.

Salah satu manfaat yang ditawarkan oleh fintech adalah kemudahan layanan finansial,mungkin manfaat satu inilah yang paling terasa. Coba bandingkan dengan sepuluh tahun lalu. Saat hendak mentransfer uang, kamu mungkin harus mendatangi mesin ATM atau teller di bank. Hal ini tentu cukup merepotkan karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Belum lagi kalau kamu harus antre, tentu semakin banyak waktu yang terbuang. Namun, hal seperti itu bisa disederhanakan berkat kehadiran fintech. Kini, kamu bisa melakukan transfer uang hanya melalui smartphone. Bahkan beberapa layanan fintech juga memungkinkan kamu untuk membayar berbagai tagihan bulanan, contohnya listrik, telepon, dan BPJS. Kamu pun jadi bisa menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu keluar rumah untuk melakukan transaksi tersebut.

Berikut beberapa kelebihan fintek yang dapat kamu rasakan manfaatnya, diantaranya:

  1. Kemudahan Perusahaan yang terlibat dalam teknologi keuangan memanfaatkan konektivitas seluler sepenuhnya. Kemudahan dalam bertransaksi dalam smartphone kamu juga suatu kelebihan yang kamu bisa dapatkan dari fintek. Ini secara signifikan dapat meningkatkan jumlah orang yang dapat mengakses jenis layanan ini dan juga meningkatkan efisiensi serta kenyamanan dalam bertransaksi.

  2. Keamanan tingkat lanjut Menggunakan metode keamanan terbaru diperlukan untuk memastikan lebih banyak orang percaya diri dalam menggunakan layanan keuangan jenis ini. Kebutuhan untuk memanfaatkan teknologi seluler terbaru telah menghasilkan investasi besar dalam keamanan untuk memastikan data pelanggan tetap aman. Beberapa opsi keamanan terbaru yang digunakan oleh mereka di sektor ini termasuk data biometrik, tokenization, dan enkripsi.

  3. Pemprosesan dokumen yang lebih cepat, pemrosesan pinjaman yang lebih cepat, validasi skor kredit yang lebih cepat, memastikan akses yang lebih cepat ke pinjaman atau Layanan Keuangan lainnya.

  4. Tingkat persetujuan Banyak usaha kecil mulai menggunakan pemberi pinjaman alternatif seperti yang terlibat dalam teknologi keuangan karena memiliki potensi untuk meningkatkan aksesibilitas dan mempercepat tingkat persetujuan untuk keuangan.

  5. Lebih nyaman dan efisien Pesatnya perkembangan teknologi keuangan sangat bermanfaat bagi konsumen di seluruh dunia, seperti kemampuan untuk melayani pelanggan yang sebelumnya tidak diperhatikan, pengurangan biaya, dan peningkatan persaingan.

  6. Aplikasi fintech menawarkan pengguna untuk menjadwalkan pemberitahuan untuk pembayaran tagihan dan menghasilkan laporan yang dipersonalisasi kepada pengguna berdasarkan pengeluaran untuk membantu Anda melacak berapa banyak dan ke mana perginya semua gaji Anda. Sistem pembayaran yang lebih baik – jenis teknologi ini dapat membuat bisnis lebih akurat dan efisien dalam menerbitkan faktur dan mengumpulkan pembayaran.

Penulis : M.Aprilliany

Add comment