Prioritas Antara Umroh dan Haji? Berikut Pertimbangannya!

Menunaikan ibadah haji bisa dibilang adalah cita-cita setiap Muslim. Ibadah haji hanya dilakukan sekali seumur hidup dan berperan menjadi penyempurna Rukun Islam. Namun, antrean keberangkatan yang sangat lama kadang membuat orang khawatir gagal melaksanakannya. Mengutip data Kementerian Agama RI tahun 2020, panjang antrean keberangkatan haji di Indonesia mencapai 13 tahun hingga 43 tahun. Antrean keberangkatan diperkirakan akan terus memanjang seiring makin besarnya animo masyarakat yang mendaftar haji.

Tidak sedikit orang yang akhirnya memilih untuk melakukan umroh lebih dulu sembari menunggu jadwal keberangkatan haji. Bila kamu juga berniat pergi umroh terlebih dulu, sebaiknya kamu menimbang beberapa hal berikut ini:

1. Ukur Kemampuan Finansial

Menunaikan ibadah umroh membutuhkan biaya yang tidak sedikit,tergantung dari paket umroh yang diambil. Memang, biaya umroh tidak sebesar biaya berhaji. Namun, tetap saja pergi umroh membutuhkan persiapan biaya yang matang.

Bila anda berniat pergi umroh sebelum menunaikan ibadah haji, tidak ada salahnya untuk anda mengecek kembali kemampuan finansialmu terlebih dahulu, kira-kira apakah memungkinkan untuk mempersiapkan biaya kebutuhan haji dan umroh dalam waktu yang bersamaan?

Bagaimanapun sebagai seorang Muslim, ibadah haji adalah suatu kewajiban. Sedangkan umroh hukumnya adalah sunnah. Bila kemampuan finansial anda terbatas, alangkah lebih baiknya jika anda fokus kepada yang wajib dulu, yaitu ibadah haji.

2. Amankan Nomor Porsi

Bila kemampuan finansial anda terbatas, pilihan yang lebih baik adalah fokus mengumpulkan kebutuhan biaya haji setidaknya hingga kamu mendapatkan nomor porsi.

Klik disini https://www.ammana.id/haji untuk info terkait Perencanaan porsi Haji anda.

3. Bila Punya Budget Lebih, Siapkan Juga Kebutuhan Umroh

Nah, apabila kemampuan finansial anda memungkinkan untuk mengejar kebutuhan biaya haji dan umroh, mulailah dengan membuat rencana keuangan yang tepat agar kedua tujuan tersebut tercapai.

Caranya, ketahui kebutuhan biaya umroh dan biaya haji. Lalu, tentukan target kapan ingin berangkat umroh dan mendapatkan nomor porsi haji. Dari sana anda bisa menghitung berapa yang harus kamu tabung atau investasikan setiap bulan agar kebutuhan dana untuk pergi umroh dan haji terkumpul.

Dengan menimbang gambaran-gambaran diatas dan melakukan perencanaan yang cermat, anda mungkin dapat menunaikan ibadah umroh selagi mempersiapkan biaya untuk berangkat haji di kemudian hari. Yuk! rencanakan dan persapkan keberangkatan haji anda dari sekarang!Jangan ditunda-tunda lagi.

Add comment